TIPS MERAWAT SEPEDA MOTOR SAAT MUSIM HUJAN

Cucilah Motor Setelah Kehujanan
Saat ini sebahagian besar wilayah negara kita sedang mengalami musim hujan. Musim hujan disamping membawa berkah bagi sebahagian besar penduduknya (petani) juga membawa efek lain seperti untuk kota besar seperti Jakarta aka nada banjir, macet, dan tentunya akan membuat kendaraan Anda kotor.

Nah mengingat hujan adalah sesuatu yang tidak bisa kita prediksi dan hindari, berikut saya ingin posting Tips agar Motor selalu sehat walaupun tiap hari selalu mandi hujan seperti yang saya kutip dari salah satu postingan member forum online, silahkan disimak :

Siapkan Jas hujan:
Sebelum Anda mengurusin masalah motor, jangan lupa equipment wajib buat penggendara sepeda motor. Jas hujan harus selalu sedia didalam box motor. Usahakan jas hujan mengikuti model baju jangan yang berbentuk atau model betmen/kampret/kalong itu sudah tidak diperbolehkan lagi. Selain membahayakan diri sendiri karena resiko menyangkut ke rantai, itu bisa membahayakan orang lain karna buntutnya bisa terbang-terbangan.

Usahakan Motor Selalu Di bilas Sehabis Mandi Hujan :
Air hujan mengandung zat asam yang cukup tinggi. Dijamin cat motor pudar & besi-besi berkarat jika motor Anda terus-terusan kesiram air hujan. Tapi tenang, cara perawatannya itu gampang banget. Setiap Anda selesai melakukan aktivitas dan motor kehujanan seharian, Anda bisa bilas motor Anda dengan air bersih. Bilas semuanya mulai dari Body, mesin, sampai kaki-kaki. Jangan lupa sudut-sudut yang berpotensi akan menjadi karat & bersihkan kotoran yang menempel.

Poles Motor Anda secara teratur :
Memoles motor juga dapat menjadi salah satu cara meminimalisir kejahatan asam air hujan. Poleslah motor Anda dengan cairan pemoles motor yang mengandung silikon tinggi karna air hujan susah nempel di body motor. Tapi hati-hati memilih polesan motor, karna polesan di pasaran banyak yang malah menipiskan cat.

Gunakan Semir Ban:
Selain memoles motor, semir ban juga tidak kalah pentingnya. Untuk melindungi pori-pori ban dari resapan air hujan yang dapat merusak ban. Namun hati-hati juga memilih semir ban, karena sembarangan semir juga bikin kerak pada permukaan ban.

Gunakan Oli Rantai:
Air hujan juga musuh utama bagi rantai motor, air hujan dapat menyebabkan karat dan dengan cepat membuat rantai kendur. Nah sarannya balurin rantai dengan oli. Biasanya banyak orang yang pakai oli mesin untuk rantai, tapi itu cuma buat rantai kotor & berdebu. Banyak juga yang pakai produk-produk pasaran khusus oli rantai, resikonya bisa bikin rantai cepat karat loh. Karna produk itu juga mengandung pembersih minyak. Nah lebih baik pakai minyak singer/oli gardan. Minyak singer/oli gardan itu lebih cair ,jadi bisa meresap ke sela-sela rantai.

Pakai Suplemen untuk Bensin:
Selain perawatan luar motor, kondisi mesin juga harus dijaga loh. Karna pada saat hujan tenaga motor terkuras lebih besar. Karena itu, kita harus melakukan perawatan yang terbaik adalah suplemen bahan bakar. Pada saat hujan air dapat masuk ke ruang pembakaran melalui celah pada filter karburator, akibatnya sering sekali motor ngadat keluar asap, sampai mogok karna ruang pembakaran kemasukan air. Nah, kan banyak sekali merk-merk suplemen bahan bakar dijual di pasar, Anda bisa pakai untuk motor jagoan. Selain menghemat bbm,menjaga daya tahan motor, dan menambah tenaga, suplemen ini berguna untuk membantu membakar air yang masuk ke ruang pembakaran.

Gunakan Mantel Motor:
Nah yang terakhir  ini berguna pada saat motor Anda diparkir. Kan nggak asik kalau abis dicuci pas lagi diparkir di kantor hujan

Sekian dulu postingan Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan, semoga bermanfaat.

Sumber Artikel : http://www.kaskus.co.id